Ditetapkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang kemudian disusul dengan lahirnya beberapa aturan dan peraturan yang merupakan petunjut tekhnis UU 6 tersebut, mulai dari PP 43 dan PP 60, Permendagri dan permendesa, disatu sisi merupakan angin segar dan harapan ke depan desa akan lebih baik (baca: otonomi desa).  Lahirnya UU Desa yang kemudian "melahirkan" Dana Desa dan "semakin jelasnya" Kewenangan Desa harapannya memacu desa untuk lebih bergeliat dalam melaksanakan pembangunan desanya baik pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusianya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah peningkatan kapasitas Pemerintah Desa (Perangkat desa) karena merekalah yang mendapat amanah dari rakyat untuk menjalankan roda pemeritahanan desa. Kemampuan daya kritis, responsif dan memahami aturan yang ada adalah kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa (Perangkat desa) Logandu pada setiap Jum'at siang melakukan pembinaan, kajian, dan diskusi bersama terkait dengan aturan dan peraturan tentang Desa. Kegiatan yang mengundang fasilitator/Narasumber dari Formasi Kebumen dipandu oleh Mardiadi itu rutin dilakukan dengan sumber dana dari APBDesa tahun berjalan.

 

 

 

Ditulis Oleh :Administrator
Pada : 06 April 2015 11:16:51 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar