Dewasa ini Kemiskinan merupakan issu strategis dalam perencanaan desa bahkan pemerintah pusat. Namun indikator kemiskinan itu sendiri masih bervariasi antara satu SKPD dengan yang lainnya. Dampaknya adalah bentuk program dan penanganannya juga bervariasi yang terkadang belum mampu menjawab permasalahan yang justru akan menambah permasalahan yang baru.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Desa Logandu bekerjasama dengan Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen dibawah komando Bappeda dan Bapermades Kabupaten Kebumen berinisiatif menyusun Peraturan Desa tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (Perdes PPK). Disamping sebagai turunan dari Perda Nomor 12 tahun 2013 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Perdes ini juga sebagai payung hukum terkait dengan TKP2KDes dan perencanaan pembangunan desa yang pro poor.

Penyusunan Perdes PPK yang diketuai oleh Suhono (mantan Kades sekaligus tokoh masyarakat) dan didampingi oleh Mardiadi dan Rakhmat Edi Akbar Nugroho dimulai pada bulan Februari sampai bulan April 2015 ini diawali dengan sosialisasi, penjaringan aspirasi masyarakat, musdus, uji publik (lokakarya desa), penyepakatan dan penetapan.

Sarlan (Kepala Desa Logandu) berpesan agar proses penyusunan perdes ini benar-benar melibatkan dan menampung aspirasi dari masyarakat agar hasilnya nanti sesuai dengan apa yang diharapkan dan bisa menjawab permasalahan yang ada di Desa Logandu.

 

Ditulis Oleh :Administrator
Pada : 06 April 2015 09:46:48 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar