Desa Logandu Kecamatan Karanggayam Kebumen, tahun 2014 ini mendapat kepercayaan dari Kementerian Kehutanan melalui Dirjen Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial Wilayah BP DAS Serayu Opak Progo untuk Pembuatan Kebun Bibit Rakyat (KBR).

Pembuatan KBR yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Sido Maju dengan luas persemaian 0,125 ha sebanyak 50.000 bibit terdiri dari jenis bibit Jati, Alabasia, Akasia mangium dan gmelina sumber anggaran dari APBN DIPA BA.29 Tahun 2014 sebesar Rp.50.000.000,-.

"Untuk bibit jati dan albasia tingginya rata-rata sudah antara 30-50 cm dan pertumbuhannya lebih cepat dibanding akasia dan gmelina, kata Kuswari Ketua Kelompok Tani Sido Maju. Lebih lanjut dikatakan, nantinya bibit yang ada akan ditanam saat musim penghujan tiba diwilayah Lubang silawe seluas 50 ha. Diharapkan dengan adanya KBR ini disamping sebagai upaya konservasi lahan, juga akan meningkatkan perekonomian warga petani.

Secara terpisah Sarlan selaku Kepala Desa Logandu mengatakan, bahwa di Desa Logandu masih ada lahan sekitar 145 ha yang belum tersentuh oleh penghijauan, padahal antusias warga untuk menanam sudah tinggi. Ini terbukti kalau musim penghujan sudah ada yang menyempatkan membeli bibit tanaman ke pasar. Semoga dengan pembuatan Kebun Bibit Rakyat ini akan membantu warga dalam melestarikan alam dan menjaga dari erosi lahan dan pemukiman. Disisi lain pada saatnya nanti kayunya juga akan bisa menambah pendapatan keluarga.

 

Ditulis Oleh :Administrator
Pada : 24 September 2014 22:59:42 WIB

Komentar Artikel Terkait

bambang dwi a
06 April 2015 12:14:34 WIB

Berkata, bisa jadi desa percontohan,,, sangat bagus

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar